Kain Batik

Kain Batik sebagai bahan untuk membuat baju batik, selendang batik serta pakaian-pakaian batik yang lain tidaklah mudah dalam proses pembuatannya, apalagi bila dibuat secara tradisional tentu akan membutuhkan waktu yang banyak serta prosesnya yang cukup lama untuk menghasilkan selembar kain batik.

Apa sajakah perlatan dan bahan yang diperlukan untuk membuat kain batik?
1.      kain mori (bisa terbuat dari sutra, katun atau campuran kain polyester),
2.      pensil untuk membuat desain batik,
3.      canting yang terbuat dari bambu, berkepala tembaga serta bercerat atau bermulut, canting ini berfungsi seperti sebuah pulpen. Canting dipakai untuk menyendok lilin cair yang panas, yang dipakai sebagai bahan penutup atau pelindung terhadap zat warna. gawangan (tempat untuk menyampirkan kain),
4.      lilin,
5.      panci dan
6.      kompor kecil untuk memanaskan.

Langkah – Langkah Membuat Kain Batik :
a.        Langkah pertama kita membuat desain batik diatas kain mori dengan pensil atau biasa disebut molani. Dalam penentuan motif, biasanya tiap orang memiliki selera berbeda-beda. Ada yang lebih suka untuk membuat motif sendiri, namun yang lain lebih memilih untuk mengikuti motif-motif umum yang telah ada.
b.      Langkah kedua adalah menggunakan canting yang telah berisi lilin cair untuk melapisi motif yang diinginkan. Tujuannya adalah supaya saat pencelupan bahan kedalam larutan pewarna, bagian yang diberi lapisan lilin tidak terkena. Setelah lilin cukup kering, celupkan kain ke dalam larutan pewarna. Supported By: Obat Pembesar Penis
c.       Proses terakhir adalah nglorot, dimana kain yang telah berubah warna direbus dengan air panas. Tujuannya adalah untuk menghilangkan lapisan lilin, sehingga motif yang telah digambar sebelumnya terlihat jelas. Anda tidak perlu kuatir, pencelupan ini tidak akan membuat motif yang telah Anda gambar terkena warna, karena bagian atas kain tersebut masih diselimuti lapisan tipis (lilin tidak sepenuhnya luntur).
Maka hasilnya adalah kain batik yang dikenal dengan kain batik tulis. Penamaan itu diberikan, karena disamping batik tulis, ada juga batik cap, batik printing, batik painting dan sablon.

Anda Butuh Batik Madura Yang Bagus? Kunjungi Batik Madura Online
Alamat Kantor :
Toko Online Bumi Barokah
Jl. Sumber kembar Dsn. Bungbaruh Ds. Kertagena Daja Kec. Kadur Kab. Pamekasan 69355 Jawa Timur
HP: 085257293079 / 0817317151